Sabtu, 31 Mei 2014

Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Kuntilanak


Lutficious.com - Pasti banyak di antara kalian yang belum mengerti tentang misteri di balik Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Kuntilanak yang mungkin banyak kita dengarkan dari film-film horor asal Indonesia yang menyangkut tentang kuntilanak.
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno..
Ojo tangi nggonmu guling..
Awas jo ngetoro..
Aku lagi bang wingo wingo..
Jin setan kang tak utusi..
Dadyo sebarang..

 Wojo lelayu sebet..
Nah, petikan syair di atas pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian sebagai pecintan film horor yang banyak di bintangi oleh artis-artis cantik Indonesia, seperti Julie Estelle.

Syair di atas  adalah syair durma yang dapat memanggil kuntilanak untuk datang ke tempat anda, durma yaitu salah satu pakem lagu dalam Macapat. Macapat adalah kumpulan lagu Jawa yang mencakup 11 pakem (Dandhanggula, Mijil, Pocung, Megatruh, Gambuh, Sinom, Maskumambang, Pangkur, durma, Asmarandana, dan Kinanthi). Tradisi Macapat ini diperkirakan sudah sangat lama dan mulai ada sejak jaman akhir kerajaan Majapahit.


kira-kira artinya seperti ini :
Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…

www.anehdidunia.com

Maka mereka yang menyanyikan dan sampai pada bait di atas, maka bagi yang menyanyikannya akan dijumpai oleh sosok makhluk yang menakutkan dengan nama 'kuntilanak'. Ada beberapa kisah dari rahasia lagu lingsir wengi ini ketika mereka yang mengaku berjumpa dengan makhluk yang menakutkan tersebut, maka lagu ini pun langsung terkenal di Indonesia dengan ciri khas lagu yang menakutkan.

Lalu, apakah benar lagu lingsir wengi ini memang dapat mendatangkan kuntilanak ketika saat dinyanyikan? oleh karena itu perlu kita teliti bagaimanakah sebenarnya rahasia Lagu Lingsir Wengi ini sesungguhnya.

Dari beberapa sumber dinyatakan bahwa Lagu Lingsir Wengi diciptakan oleh Sunan Kalijaga salah satu tokoh ulama terkenal dengan sebutan 'walisongo' yaitu wali diantara wali sembilan yang terkenal dipulau jawa karena mengajarkan kebaikan dengan mengenalkan dan mengajarkan agama islam di tanah jawa. salah satu metode sunan kalijaga dalam mengajarkan adalah dengan lagu dan menerapkan lagu tersebut dalam acara wayang atau perwayangan. hal tersebut disebabkan kegemaran dari masyarakat sekitar yang sangat mencintai kesenian wayang kulit, sehingga dengan cara tersebutlah sunan kalijaga untuk menyampaikan ajaran agama Islam di Indonesia khususnya di pulau jawa saat itu.

Lahirnya Lagu Lingsir Wengi melahirkan beberapa wacana, baik yang positif maupun negatif. wacana positif lagu ini adalah sebuah syair-syair sebagai perenungan dalam hidup, ketabahan dalam menghadapi cobaan baik dari manusia maupun dari jin atau setan. lagu ini juga bermakna sebagai doa untuk menolak bencana dan lagu ini juga bertujuan untuk mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari bencana dan berbagai masalah.

Kesimpulannya, mengapa lagu 'Lingsir Wengi' ini di sebut sebagai lagu untuk memanggil 'kuntilanak' padahal lagu ini sebenarnya untuk perenungan dalam hidup, ketabahan dalam menghadapi cobaan baik dari manusia maupun dari jin atau setan. Tapi memang saya sendiri ketika mendengarkan lagu ini merinding dan merasa di awasi, mungkin karena nadanya yang benar-benar menakutkan dan itulah mungkin sebabnya mengapa lagu ini sering digunakan dalam film horor.

20 komentar

hahaaa ngeri juga tuh lagunya :D

Ia gan, silahkan di dengarkan biar greget :p

Fotonya yang terakhir itu bikin kaget :D

Jangan takut mas nazar, kan itu cuma foto :p

Berpikir Fositive Aja Meskipun Kita Tahu Bahwa Yang Namanya
Makhluk Ghaib Itu Ada :3, Kalau Kita Ga Ganggu Pasti Dia Juga Gk Ganggu
Toh Kita Manusia Makhluk Paling Sempurna :D

Dilengkapi videonya sekalian biar lengkap :D di youtube kan ada. Tapi seerreemmm...

Iya juga sih gan, tapi kadang-kadang kan ada setan yang rese gangguin kita terus walalupun kita tidak punya salah sama dia :)

Saya cuma berani pasang video musiknya aja gan, kalau yg pake penampakan nanti pengunjung lari ketakutan kang bisa bahaya :) :p

Merinding Nyanyinya.............. Serem hiii.... Gak berani nyanyi :v ntar di datengin :D wkwkwkw.....

Hehehe, paling bagus kalau nyanyinya lagi sepi dan tengah malam gan, asyik bisa liat langsung kuntilanaknya :D

setannya narsis amat, di foto kok lihatnya ke kamera, hahah

Kapan lagi bisa eksis di google gan, walaupun setan tapi kan mau narsis juga :p

Wih, Serem Lagunnya Gan..
Jadi Merinding :D

hehe, download aja gan biar bisa dengar kalau tengah malam gitu :D

Besok saya akan cek di warnet Mas, lihat di youtube. Maklum koneksi sendiri lelet. Bisa jadi bahan pelajaran yang menarik nie buat mapel bahasa Jawa. Saya sendiri baru tahu kalau macapat ternyata kumpulan dari lagu2 jawa yang terdiri dari 11 pakem. Soalnya yang saya tahu hanya tembung macapat, pocung, dan kinanthi. Tidak tahu seluk beluknya :)

gue paleng takut kalo malem2 ndenger lagu itu...hikz

Hehehe, saya juga baru tau kemarin gan waktu menulis artikel ini dan mencari bahan bahannya dan ketemu dengan artikel yg bahas itu yaitu macapat ternyata kumpulan dari lagu2 jawa yang terdiri dari 11 pakem :) :D

hehe itu bukan lagu setan gan itu untuk cerita hidup manusia :)

Terima kasih atas kunjungan anda, silahkan berkomentar secara relevan dengan artikel yang sedang di bahas.
EmoticonEmoticon